Antares
Antares
id
id
  • Pendahuluan
    • Registrasi Akun
    • Buat App
    • Tambah Device ke Application
    • Instalasi Board pada Arduino IDE
      • ESP8266
      • ESP32
      • STM32
    • Instalasi Arduino IDE
    • Instalasi Library Arduino
      • Antares LoRaWAN
      • Antares Wi-Fi HTTP
      • Antares Wi-Fi MQTT
      • DHT11 Sensor Library
      • Adafruit SSD1306
    • Instalasi STM32 Cube IDE
    • Instalasi STM32 Cube Programmer
    • Instalasi Expansion Pack I-CUBE-LRWAN
    • Instalasi Software
      • Instalasi MQTTX
      • Instalasi Postman
      • Instalasi Operating System (OS) pada SD Card
    • Quickstart
  • Antares Insight Hub
    • Getting Started
      • Request Demo
      • Request Free Trial
    • Usecase
      • Power Meter
        • Prasyarat Usecase Power Meter
        • Power Meter Device Recommendation
        • Payload Example Power Meter
        • Setup Device Threshold Power Meter
      • Water Meter
        • Prasyarat Usecase Water Meter
        • Water Meter Device Recommendation
        • Payload Example Water Meter
        • Setup Device Threshold Water Meter
      • Water Level
        • Prasyarat Usecase Water Level
        • Water Level Device Recommendation
        • Payload Example Water Level
        • Setup Device Threshold Water Level
      • Environment Monitoring
        • Prasyarat Usecase Environment Monitoring
        • Environment Monitoring Device Recommendation
        • Payload Example Environment Monitoring
        • Setup Device Threshold Environment Monitoring
    • Settings
      • Manage Alert Recipient (Telegram)
      • Manage User
      • Roles
  • Subscription and Payment
    • Platform
      • Cara Menggunakan Layanan Platform
      • Tata Cara Pembelian Layanan Platform
        • Pembayaran Menggunakan Virtual Account
          • Bank Mandiri
          • Bank Permata
          • Bank BRI
          • Bank BNI
        • Pembayaran Menggunakan e-Wallet (LinkAja)
        • Pembayaran Menggunakan Credit Cards (CC)
        • Pembayaran Menggunakan Antares Coins
      • Tata Cara Memperpanjang Layanan Platform
      • Tata Cara Mengganti Layanan Platform
    • Connectivity
      • Cara Menggunakan Layanan Connectivity
      • Tata Cara Pembelian Layanan Connectivity
        • Pembayaran Menggunakan Virtual Account
          • Bank Mandiri
          • Bank Permata
          • Bank BRI
          • Bank BNI
        • Pembayaran Menggunakan e-Wallet (LinkAja)
        • Pembayaran Menggunakan Credit Cards (CC)
        • Pembayaran Menggunakan Antares Coins
      • Tata Cara Memperpanjang Layanan Connectivity
      • Tata Cara Mengganti Layanan Connectivity
    • Antares Coins
      • Tata Cara Pembayaran Top Up Antares Coins
        • Pembayaran Menggunakan Virtual Account
          • Bank Mandiri
          • Bank Permata
          • Bank BRI
          • Bank BNI
        • Pembayaran Menggunakan e-Wallet (LinkAja)
        • Pembayaran Menggunakan Credit Cards (CC)
  • Contoh kode dan library
    • ESP8266 (Wi-Fi)
      • Prasyarat Umum ESP8266 Wi-Fi
      • ESP8266 (Wi-Fi) Protokol HTTP
        • Mengirim Data Sederhana ke Antares dengan Protokol HTTP
        • Mengambil Data Terakhir dari Server Antares dengan Protokol HTTP
        • Project Sederhana ESP8266 HTTP Antares
          • Post Data DHT 11 Secara Periodik
          • Post Data DHT 11 dengan Push Button
          • Post Data DHT 11 dan ditampilkan pada Display OLED
          • Get Data ditampilkan pada Display OLED
          • Post dan Get Data DHT 11 ditampilkan pada Display OLED
          • Mengontrol Relay dan LED Melalui Perintah Get
      • ESP8266 (Wi-Fi) Protokol MQTT
        • Mengirim Data Sederhana ke Antares dengan Protokol MQTT
        • Mengambil Data Terakhir dari Server Antares dengan Protokol MQTT
        • Project Sederhana ESP8266 MQTT Antares
          • Send Data DHT 11 Secara Periodik
          • Send Data DHT 11 dengan Push Button
          • Send Data DHT 11 dan ditampilkan pada Display OLED
          • Retrieve Data ditampilkan pada Display OLED
          • Send Data DHT 11 dan Retrieve Data ditampilkan pada Display OLED
          • Mengontrol Relay dan LED Melalui Perintah Get
    • Arduino Uno
      • Instalasi Arduino IDE
      • Instalasi Library Antares Ethernet Shield
      • Konfigurasi
      • Kirim Data Sederhana ke Antares
    • ESP32 (Wi-Fi)
      • Prasyarat Umum ESP32 Wi-Fi
      • ESP32 (Wi-Fi) Protokol HTTP
        • Mengirim Data Sederhana ke Antares dengan Protokol HTTP
        • Mengambil Data Terakhir dari Server Antares dengan Protokol HTTP
        • Project Sederhana Lynx-32 HTTP Antares
          • Post Data DHT 11 Secara Periodik
          • Post Data DHT 11 dengan Push Button
          • Post Data DHT 11 dan ditampilkan pada Display OLED
          • Get Data ditampilkan pada Display OLED
          • Post dan Get Data DHT 11 ditampilkan pada Display OLED
          • Mengontrol Relay dan LED Melalui Perintah Get
      • ESP32 (Wi-Fi) Protokol MQTT
        • Mengirim Data Sederhana ke Antares dengan Protokol MQTT
        • Mengambil Data Terakhir dari Server Antares dengan Protokol MQTT
        • Project Sederhana Lynx-32 MQTT Antares
          • Send Data DHT 11 Secara Periodik
          • Send Data DHT 11 dengan Push Button
          • Send Data DHT 11 dan ditampilkan pada Display OLED
          • Retrieve Data ditampilkan pada Display OLED
          • Send Data DHT 11 dan Retrieve Data ditampilkan pada Display OLED
          • Mengontrol Relay dan LED Melalui Perintah Retrieve
      • Protokol HTTP & MQTT
    • ESP32 (LoRa)
      • Prasyarat Umum ESP32 LoRa
      • Mengirim Data Sederhana ke Antares
      • Project Sederhana Lynx-32 LoRa Antares
        • Uplink Data DHT11 Secara Periodik
        • Uplink Data DHT11 dengan Push Button
        • Uplink Data DHT11 dan Ditampilkan pada Display Oled
        • Downlink Data Ditampilkan pada Display Oled
        • Uplink Data DHT 11 dan Downlink Data ditampilkan pada Display OLED
        • Mengontrol Relay dan LED melalui perintah Downlink
      • LoRaWAN Class
    • STM32 (LoRa) STM32Cube IDE
      • Prasyarat Umum STM32 (LoRa) STM32Cube IDE
      • Mengirim Data Sederhana ke Antares
    • STM32 (LoRa) Arduino IDE
      • Prasyarat Umum STM32 (LoRa) Arduino IDE
      • Mengirim Data Sederhana ke Antares
    • Raspberry Pi
      • GUI (Graphical User Interface)
        • Prasyarat Umum Raspberry GUI
        • Mengirim Data Menggunakan Node.js
        • Monitoring Suhu dan Kelembaban Menggunakan Sensor DHT11
      • SSH (Secure Shell)
        • Prasyarat Umum Raspberry SSH
        • Mengirim Data Menggunakan Node.js
        • Monitoring Suhu dan Kelembaban Menggunakan Sensor DHT11
    • NB-IoT
      • NB-Lynx-7000
        • Prasyarat Umum NB-Lynx-7000
        • Mengirim Data Sederhana ke Antares
        • Mengambil Data GNSS (Global Navigation Satellite System)
      • NB-Lynx-95
        • Prasyarat Umum NB-Lynx-95
        • Mengirim Data Sederhana ke Antares
    • Android
      • Mengambil data dari ANTARES mengunakan Android
      • Coding Stuff
    • MIT App Inventor
    • Node-RED
    • Postman
    • MQTT | Push data to Device
    • HTTP | Subscribe and Notify Mechanism
    • Library PHP
    • MQTT | Subscribe LoRa Device
    • LoRaWAN | Downlink Tutorial
    • Register Perangkat LoRaWAN
      • Register Menu
    • GPS TrackerID
  • Data Model
  • Port Configuration
  • API | HTTP
    • Device
    • Data of Device
    • Subscriber
  • API | MQTT
    • Device
    • Subscriber
  • Daftar Akronim
  • Software Relevan
Powered by GitBook
On this page
  • A. Data yang tersimpan di Antares
  • B. Mendapatkan data terakhir dari device Anda melalui Android
  • C. Menghubungkan Smartphone ke Android Studio
  1. Contoh kode dan library
  2. Android

Coding Stuff

PreviousMengambil data dari ANTARES mengunakan AndroidNextMIT App Inventor

Last updated 8 months ago

A. Data yang tersimpan di Antares

B. Mendapatkan data terakhir dari device Anda melalui Android

1. AndroidManifest.xml

Agar bisa mengeksekusi API Antares, dibutuhkan akses Internet dan agar bisa mengakses Internet di Android, kita harus tambahkan baris berikut di AndroidManifest.xml.

<!--- IMPORTANT!!!!!!! --->
<!--- Tambahkan line berikut di AndroidManifest.xml Anda --->
<!--- Setelah manifest --->
<uses-permission android:name="android.permission.INTERNET" />
<!--- Sebelum application --->

2. activity_main.xml

Ubah SEMUA isi dari activity_main.xml dengan konten berikut ini:

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<android.widget.LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
    android:layout_width="match_parent"
    android:layout_height="match_parent"
    tools:context=".MainActivity"
    android:orientation="vertical">

    <TextView
        android:id="@+id/txtData"
        android:layout_width="wrap_content"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:text="No Data"
        android:textSize="24sp"/>

    <Button
        android:id="@+id/btnRefresh"
        android:layout_width="wrap_content"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:text="Refresh"/>

    <Button
        android:id="@+id/btnOn"
        android:layout_width="wrap_content"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:text="On"/>


    <Button
        android:id="@+id/btnOff"
        android:layout_width="wrap_content"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:text="Off"/>

</android.widget.LinearLayout>

3. MainActivity.java

// !!!!------ IMPORTANT ---------!!!!//
// Ubah semua code setelah package nama.package.Anda dengan
// dengan Code berikut

import android.os.Bundle;
import android.util.Log;
import android.view.View;
import android.widget.Button;
import android.widget.TextView;

import org.json.JSONException;
import org.json.JSONObject;

import androidx.appcompat.app.AppCompatActivity;

import id.co.telkom.iot.AntaresHTTPAPI;
import id.co.telkom.iot.AntaresResponse;

public class MainActivity extends AppCompatActivity implements AntaresHTTPAPI.OnResponseListener{

    private Button btnRefresh;
    private Button btnOn;
    private Button btnOff;

    private TextView txtData;
    private String TAG = "ANTARES-API";
    private AntaresHTTPAPI antaresAPIHTTP;
    private String dataDevice;
    @Override
    protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
        super.onCreate(savedInstanceState);
        setContentView(R.layout.activity_main);

        // --- Inisialisasi UI yang digunakan di aplikasi --- //
        btnRefresh = (Button) findViewById(R.id.btnRefresh);
        btnOff = (Button) findViewById(R.id.btnOff);
        btnOn = (Button) findViewById(R.id.btnOn);

        txtData = (TextView) findViewById(R.id.txtData);

        // --- Inisialisasi API Antares --- //
        //antaresAPIHTTP = AntaresHTTPAPI.getInstance();
        antaresAPIHTTP = new AntaresHTTPAPI();
        antaresAPIHTTP.addListener(this);

        btnRefresh.setOnClickListener(new View.OnClickListener() {
            @Override
            public void onClick(View v) {
                antaresAPIHTTP.getLatestDataofDevice("your-access-key","your-application-name","your-device-name");

            }
        });

        btnOn.setOnClickListener(new View.OnClickListener() {
            @Override
            public void onClick(View v) {
                antaresAPIHTTP.storeDataofDevice(1,"your-access-key", "your-application-name", "your-device-name", "{\\\"status\\\":\\\"1\\\"}");

            }
        });

        btnOff.setOnClickListener(new View.OnClickListener() {
            @Override
            public void onClick(View v) {
                antaresAPIHTTP.storeDataofDevice(1,"your-access-key", "your-application-name", "your-device-name", "{\\\"status\\\":\\\"0\\\"}");
            }
        });
    }

    @Override
    public void onResponse(AntaresResponse antaresResponse) {
        // --- Cetak hasil yang didapat dari ANTARES ke System Log --- //
        //Log.d(TAG,antaresResponse.toString());
        Log.d(TAG,Integer.toString(antaresResponse.getRequestCode()));
        if(antaresResponse.getRequestCode()==0){
            try {
                JSONObject body = new JSONObject(antaresResponse.getBody());
                dataDevice = body.getJSONObject("m2m:cin").getString("con");
                runOnUiThread(new Runnable() {
                    @Override
                    public void run() {
                        txtData.setText(dataDevice);
                    }
                });
                Log.d(TAG,dataDevice);
            } catch (JSONException e) {
                e.printStackTrace();
            }
        }
    }
}

4. Hasil Logcat

Kita dapat melakukan filter terhadap hasil log keluaran di Android. Silahkan isi di bagian seperti gambar berikut. Ketika tombol diklik, maka hasil output yang didapatkan juga bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Selamat!! Anda telah membuat Android APP pertama Anda dengan menggunakan Library Antares.

C. Menghubungkan Smartphone ke Android Studio

1. Atur Setting pada Smartphone

  1. Masuk pake menu "Setting" di smartphone Anda, lalu klik AboutPhone. Klik tiga kali pada bagian MIUI Version / Nomor Versi Smartphone Anda sampai muncul "you are developer".

  2. Masuk ke menu "Developer Options" pada Setting lalu aktifkan USB Debugging.

  3. Sambungkan USB Smartphone Anda dengan Laptop/PC, jika ada notifikasi seperti ini maka klik OK dan Smartphone Anda sudah tersambung dengan Android Studio.